5 Tips Menuju Merdeka Finansial, Anak Muda Wajib Tau

Merdeka Finansial

5 Tips Menuju Merdeka Finansial, Anak Muda Wajib Tau

ARIWARA.COM – JAKARTA Pekerja pemula sering mengalami situasi yang dikenal sebagai “tanggal tua”, di mana pendapatan mereka mulai menipis menjelang pertengahan bulan. Hal ini mengakibatkan pengeluaran harus dihemat sebisa mungkin. Bahkan, dalam situasi mendesak, berutang seringkali menjadi satu-satunya solusi karena tidak ada lagi saldo yang tersisa di rekening tabungan.

Ketika menghadapi situasi di atas, banyak orang cenderung menyalahkan gaji kecil sebagai penyebab utama, sehingga tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, pada kenyataannya, setiap orang, tidak peduli seberapa besar gajinya, dapat menghindari situasi “tanggal tua” tersebut dengan bekerja keras dan mengatur keuangan dengan disiplin.

Mewujudkan kemerdekaan finansial bukanlah hal yang tidak mungkin, bahkan bagi para pekerja pemula yang mungkin memiliki gaji yang belum mencapai angka yang besar. Kunci utamanya adalah memiliki kebijaksanaan dalam pengelolaan uang sejak menerima gaji pertama, sehingga terbiasa untuk hidup sederhana dan tidak menghambur-hamburkan uang.

Baca Juga :   Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menegaskan bahwa program Bansos tidak memiliki keterkaitan dengan ranah politik.

Responses (17)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *