Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Efektif dan Menarik

Belajar cara membuat CV

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Efektif dan Menarik

Sebuah Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan informasi tentang kualifikasi seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Isinya mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan aspek lainnya.

Dalam bahasa Latin, CV diartikan sebagai “perjalanan hidup saya.” Sebagai dokumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan, CV harus berisi informasi yang dapat menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita secara jelas.

 

Format CV yang Wajib Ada :

CV harus mencerminkan pencapaian akademis dan pengalaman profesional seseorang. Oleh karena itu, yang harus disertakan dalam CV adalah:

1. Identitas pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email.

2. Riwayat pendidikan termasuk institusi dan gelar yang diperoleh.

3. Pengalaman kerja yang mencakup posisi, durasi pekerjaan, tanggung jawab pekerjaan, nama perusahaan, serta pengalaman dalam organisasi, kegiatan sukarela, atau magang.

4. Keterampilan tambahan yang relevan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting dalam CV di atas harus diatur secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan untuk setiap poin sehingga perjalanan hidup Anda tercermin secara jelas dan lengkap. Jika ada, tambahkan pencapaian seperti kejuaraan dalam kompetisi atau informasi tambahan lain yang relevan untuk memperkaya isi CV Anda.

Baca Juga :   Universitas Safin Pati (USP) mengadakan Sidang Senat untuk acara Wisuda Pertamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *