Mengenal Alergi, Gejala, Penyebab, dan Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Kesehatan

ARIWARA.COM – PATI  Alergi merupakan reaksi sistem imun tubuh terhadap suatu zat atau substansi yang dianggap berbahaya, meskipun sebenarnya tidak. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai alergi:

Apa Itu Alergi?

Alergi adalah reaksi sistem imun tubuh terhadap suatu zat atau substansi yang dianggap berbahaya, meskipun sebenarnya tidak. Zat tersebut disebut alergen.

Gejala Alergi

Gejala alergi umumnya meliputi ruam kemerahan pada kulit, gatal-gatal, bersin, batuk, sesak napas, hidung berair, bengkak pada bagian tubuh yang terpapar alergen, mata merah, berair, dan gatal, serta mual, muntah, sakit perut, atau diare. Gejala yang parah dapat memicu reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa.

Penyebab Alergi

Alergi disebabkan oleh sistem imun tubuh yang salah mengidentifikasi alergen sebagai zat berbahaya. Beberapa alergen yang umum meliputi makanan tertentu, bulu hewan, tungau, serbuk sari, gigitan serangga, obat-obatan, dan bahan kimia tertentu.

Faktor Risiko Alergi

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena alergi meliputi faktor keturunan, faktor lingkungan, usia, dan riwayat asma.

Rekomendasi Dokter

Apabila mengalami gejala alergi yang tak kunjung membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter juga dapat memberikan resep obat alergi yang sesuai dengan kondisi dan gejala yang dialami.

Baca Juga :   Ketupat dan Lepet, Sajian Masakan Wajib di Kala Lebaran Tradisi Tak Terpisahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *