Mengenal Lebih Jauh Tentang Diabetes (Gula Darah Tinggi) dan Penyebabnya

Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh Tentang Diabetes (Gula Darah Tinggi) dan Penyebabnya
Ilustrasi Mengenal Lebih Jauh Tentang Diabetes (Gula Darah Tinggi) dan Penyebabnya(Sumber Foto Hermina Hospitals).

ARIWARA.COM – PATI  Diabetes atau penyakit gula darah tinggi adalah kondisi kronis yang perlu mendapat perhatian serius. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah melebihi nilai normal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Apa Itu Diabetes?

Ada dua jenis utama diabetes, yaitu:

  1. Diabetes Tipe 1

Penyakit autoimun di mana tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali karena sistem imun menyerang sel-sel yang menghasilkan insulin.

  1. Diabetes Tipe 2

Tubuh tidak membuat cukup insulin atau sel-sel tubuh tidak merespons insulin dengan benar.

Penyebab Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, terjadi karena gangguan dalam tubuh yang membuatnya tidak mampu menggunakan glukosa darah secara efektif. Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin. Pada diabetes tipe 2, tubuh mungkin menghasilkan insulin secara normal tetapi tidak dapat menggunakannya dengan baik, yang dikenal sebagai resistensi insulin.

Gejala Gula Darah Tinggi

Gejala diabetes bisa bervariasi, tetapi beberapa yang umum termasuk rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, kelelahan yang berlebihan, gangguan penglihatan, infeksi berulang, penurunan berat badan yang tidak jelas, dan kehadiran keton dalam urine.

Baca Juga :   Penerima Penghargaan Pati Krenova Innovasi Award 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *