Tips Bagi Petani Hilangkan Hama Tikus Pada Tanaman Padi Di Sawah

Pertanian

Tips Bagi Petani Hilangkan Hama Tikus Pada Tanaman Padi Di Sawah
Ilustrasi Hama Tikus di Sawah (Sumber Foto ruber.id).

ARIWARA.COM – PATI Petani di daerah pedesaan sering kali menghadapi masalah hama tikus yang dapat merusak tanaman padi di sawah. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang dapat diterapkan oleh para petani untuk menghilangkan hama tikus dan menjaga tanaman padi tetap sehat.

  1. Menggunakan Umpan Tikus yang Efektif

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan umpan tikus yang efektif. Umpan tersebut bisa berupa jerami yang dicampur dengan racun tikus yang biasanya dijual di toko pertanian. Letakkan umpan tersebut di sekitar area sawah yang terdampak hama tikus.

  1. Pemasangan Perangkap Tikus

Selain umpan, pemasangan perangkap tikus juga dapat membantu mengurangi populasi hama tikus di area sawah. Pilihlah perangkap tikus yang efektif dan letakkan di sekitar tanaman padi yang rentan diserang.

  1. Membersihkan Area Sekitar Sawah

Menjaga kebersihan area sekitar sawah juga penting untuk mengurangi kemungkinan hama tikus berkembang biak. Pastikan untuk membersihkan gulma dan sampah di sekitar area sawah secara teratur.

  1. Menjaga Kebersihan Gudang Penyimpanan Padi

Hama tikus juga dapat berkembang biak di gudang penyimpanan padi. Pastikan untuk menjaga kebersihan gudang penyimpanan dan gunakan wadah yang kedap udara untuk menyimpan padi.

  1. Menggunakan Predator Alami

Penggunaan predator alami seperti burung pemangsa tikus atau ular dapat menjadi solusi alami untuk mengendalikan populasi hama tikus di area sawah. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan predator yang dapat merusak tanaman padi.

Baca Juga :   Terpantau Banyak Anak Ikut Kampanye di kabupaten Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *