Tips Cara Menghemat BBM Pada Kendaraan Bermotor

Otomotif

Tips Cara Menghemat BBM Pada Kendaraan Bermotor
Ilustrasi BBM (Sumber Foto Okezone Economy)

ARIWARA.COM – PATI Memiliki kendaraan bermotor seringkali menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi sebagian besar orang. Namun, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak efisien dapat membuat pengeluaran bulanan meningkat. Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda menghemat BBM pada kendaraan bermotor.

  1. Pemeliharaan Rutin

Lakukan pemeliharaan rutin seperti servis berkala dan periksa kondisi mesin secara teratur. Mesin yang dalam kondisi baik akan bekerja lebih efisien dan mengurangi konsumsi BBM.

  1. Atur Tekanan Ban

Pastikan tekanan udara pada ban kendaraan Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang terlalu kempis atau terlalu keras dapat meningkatkan konsumsi BBM.

  1. Jaga Kecepatan Stabil

Hindari melakukan percepatan dan pengereman yang tiba-tiba. Mengemudi dengan kecepatan yang stabil dapat membantu menghemat BBM.

  1. Matikan Mesin saat Berhenti Lama

Jika Anda berhenti dalam waktu yang lama, misalnya saat menunggu di lampu merah atau di perlintasan kereta api, matikan mesin kendaraan Anda untuk menghemat BBM.

  1. Gunakan Gigi Transmisi yang Tepat

Pilih gigi transmisi yang sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan. Menggunakan gigi yang lebih tinggi pada kecepatan rendah dapat mengurangi konsumsi BBM.

  1. Kurangi Beban Kendaraan

Hindari membawa beban yang tidak perlu di dalam kendaraan Anda. Beban tambahan akan membuat mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak BBM.

  1. Gunakan AC dengan Bijak

Gunakan sistem pendingin udara (AC) kendaraan dengan bijak. Matikan AC saat tidak diperlukan atau gunakan pada pengaturan suhu yang lebih rendah untuk mengurangi beban pada mesin.

Baca Juga :   Arsenal Melaju Ke Perempatfinal Liga Champions Usai Menang Adu Penalti Atas FC Porto 1-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *