Waspadai Penyakit yang Mengintai Saat Cuaca Berubah Hujan Panas

Kesehatan

Waspadai Penyakit yang Mengintai Saat Cuaca Berubah Hujan Panas
Ilustrasi Perubahan Cuaca bisa picu penyakit (Sumber Foto cnnindonesia.comI).

ARIWARA.COM – PATI Musim hujan panas seringkali membawa dampak yang kompleks bagi kesehatan. Selain menyegarkan udara setelah musim kemarau, perubahan cuaca ini juga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering muncul saat cuaca berubah menjadi hujan panas:

  1. Demam

Perubahan suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang rentan terhadap infeksi virus atau bakteri. Demam biasanya menjadi gejala awal dari berbagai penyakit, termasuk flu, pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Kelembaban yang tinggi selama musim hujan panas memungkinkan virus dan bakteri berkembang biak dengan cepat. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan, seperti bronkitis, pneumonia, dan radang tenggorokan.

  1. Diare

Perubahan cuaca yang mendadak dari panas menjadi hujan dapat mengganggu sistem pencernaan seseorang. Air hujan yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyebaran penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air, seperti diare dan penyakit menular lainnya.

  1. Demam Berdarah Dengue

Musim hujan panas merupakan musim berkembangnya nyamuk Aedes aegypti yang menjadi penyebar virus dengue. Genangan air hujan yang menjadi sarang nyamuk dapat meningkatkan risiko penularan demam berdarah dengue.

  1. Penyakit Kulit

Kelembaban yang tinggi selama musim hujan panas dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, ruam, dan infeksi jamur. Bakteri dan jamur cenderung berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang lembap.

Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat perubahan cuaca saat hujan panas, ada beberapa langkah yang dapat diambil, antara lain:

– Tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Baca Juga :   Puluhan pelajar SMP yang ditangkap, ada yang Bawa Bom Molotov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *